IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Mencangkok Pohon Tin Tanpa Kerok Batang - Petani Tin Karawang

Header Ads

Cara Mencangkok Pohon Tin Tanpa Kerok Batang

Petani Tin (Karawang) - Sebenarnya ada banyak cara untuk mencangkok pohon tin. Dari semua cara tersebut, secara umum cara mencangkok pohon dibagi menjadi dua, yaitu cangkok dengan kerok batang dan cangkok tanpa kerok batang. Dalam artikel ini kita akan berbagi mengencai cara cangkok tin tanpa kerok batang.

Keduanya sudah terbukti berhasil untuk dijadikan sebagai metode cangkok pada pohon tin. Masing-masing ada keunggulan dan kelemahannya. Nah, buat Anda yang baru mau mencangkok pohon tin, mungkin bingung harus bagaimana mencangkok pohon tin?

Cara Mencangkok Pohon Tin untuk Pemula


Kedua cara cangkok pohon tin yang telah disebutkan di atas memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, yaitu sebagai berikut. Cangkok dengan kerok batang memakai waktu relatif lebih cepat. Kelemahannya bila diaplikasikan pada batang pohon tin yang masih sangat muda (hijau) terlebih bagi pemula dapat menyebabkan batang yang dicangkok mati.

Sementara cangkok tanpa kerok batang memakan waktu relatif lebih lama, bisa diaplikasikan pada batang yang sangat muda (masih hijau). Lebih praktis karena tidak perlu menguliti kulit batang pada bagian yang akan dicangkok.

Cara Mencangkok Pohon Tin Tanpa Kerok Batang
Cara ini pernah kami lakukan pada awal-awal berkebun tin, bukan apa-apa, pohon tin yang cuman satu dua itu sangat sayang kalau mati gara-gara dicangkok. Akhirnya kami memutuskan cangkok tanpa kerok. Bagaimana caranya?

Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan untuk mencangkok tin tanpa kerok batang ini sangat sederhan dan bisa didapatkan dengan mudah di rumah.

  • Media tanam (cocopeat terbukti lebih unggul ketimbang sekam atau tanah, bila tidak ada media tanam tersebut Anda bisa menggunakan media tanam lain)
  • Tali plastik/tali rapia (30 Cm/cangkok)
  • Plastik es untuk wadah media taman (bila tidak ada, gunakan plastik lain saja yang ukurannya disesuaikan dengan besar batang yang akan dicangkok)

Cara kerja untuk mencangkok pohon tin tanpa kerok batang sangatlah mudah, Anda pasti bisa melakukannya di rumah. Begini caranya:

    petani tin karawang
  • Basahi media tanam sampai cukup lembab (bila menggunakan cocopeat, Anda bisa meremas cocopeat yang sudah dibahasi agar tidak terlaulu banyak menyimpan air)
  • Masukkan media tanam yang sudah dibasahi tersebut ke dalam plastik dengan ukuran kira-kira sebesar kepal tangan bayi atau sesuaikan kebutuhan/sesuaikan besar dengan besar batang yang akan dicangkok.
  • Belah plastik berisi media tanam menjadi dua bagian (jangan dibuntungkan, cukup belah pada satu sisi saja.
  • Bungkus batang pohon tin yang ingin dicangkok dengan media tanam yang telah disiapkan. Lalu ikat kencang-kencang pastikan belahan tertutup plastik dengan sempurna.
  • Tunggu sampai terlihat akar tumbuh pada media tanam tersebut.

Selesai, setelah semua langkah di atas dikerjakan dengan baik Anda hanya butuh bersabar saja menunggu sampai cangkokan berakar banyak. Setelah cangkokan berakar cukup banyak Anda bisa memotongnya dan menanamnya.

O iya, batang yang masih muda pun (masih hijau) bisa dicangkok dengan cara ini, hanya saja butuh waktu relatif lebih lama. Tapi tenang saja, risikonya nyaris tidak ada, kami belum menemukan batang/pucuk yang mati karena dicangkok dengan cara ini.

Sekian berbagi informasi mengencai cara mencangkok pohon tin ini, semoga bermanfaat, semoga menginspirasi. Salam tin! Salam sehat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.