IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Mencangkok Pohon Tin dengan Kerok Batang - Petani Tin Karawang

Header Ads

Cara Mencangkok Pohon Tin dengan Kerok Batang

Petani Tin (Karawang) - Masih bingung mencari cangkok pohon tin? Simak yuk artikel ini, di sini kami akan berbagi mengenai cara mencangkok pohon tin dengan kerok batang. Dalam artikel sebelumnya kita sudah membagi cara cangkok menjadi dua.

Pertama cangkok pohon tin tanpa kerok batang, dan kedua di artikel ini mengenai cara cangkok kerok batang. Kalau belum baca artikel pertama, silakan dibaca dulu saja.

Keunggulan dari cangkok dengan kerok batang yaitu proses pertumbuhan akar pada batang yang dicangkok relatif lebih cepat. Selain itu akar yang dihasilkan juga mantap jiwa :D (lebih lebat).

Cara Mencangkok Pohon Tin 


Langsung saja, agar tidak berlama-lama Anda membutuhkan beberapa peralatan dan bahan di bawah ini, yaitu sebagai berikut.

  • Pisau/cutter tajam dan steril 
  • Media tanam (cocopeat dan sebagainya)
  • Plastik es/plastik lain yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran batang
  • Tali plastik

Langkah kerja agar bisa mencangkok pohon tin dengan kerok batang yaitu Anda harus memilih batang yang akan dicangkok, pilih batang yang cukup tua (warnanya gelap, ga hijau). Setelah batangnya ketemu, berikut ini langkah-langkahnya.

petani tin karawang, jawa barat

Pertama, kerat kulit batang secara hati-hati jangan sampai bagian kayu terkerat juga karena kalau terkerat bisa patah ketika ada angin. Buat keratan melingkar.

Kedua, kupas dan buang bagian kulit yang sudah dikerat sebelumnya, panjang kupasan sekitar 1-2 Cm saja. 

Ketiga, batang yang sudah dikupas kulitnya langsung saja dikerok agar kambiumnya hilang. Ditandai dengan batang menjadi kesat (tidak lengket)

Keempat, balutkan media tanam yang sudah disiapkan dalam plastik. Anda bisa menunggu hasil kerok mengering atau bisa langsung mencangkoknya tanpa menunggu kering.

Kelima, bersabar dan menunggu akar tumbuh di bagian batang yang sudah dicangkok. Biasanya paling lambat 30 hari sudah berakar dan bisa dipotong.

Gimana, gampang kan? Sekian artikel mengenai cara mencangkok pohon tin ini kami bagikan semoga menginspirasi. Salam tin! Salam Sehat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.