IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Stek Pohon Tin, Perbanyakan Vegetatif Paling Asyik - Petani Tin Karawang

Header Ads

Cara Stek Pohon Tin, Perbanyakan Vegetatif Paling Asyik

Petani Tin (Karawang) - Salah satu cara untuk memperbanyak pohon tin adalah dengan cara stek pohon tin. Cara ini terbilang tidak mudah, berdasarkan keterangan Bapak Fauzi (master tin asal Jakarta) tingkat keberhasilan stek pohon tin untuk Indonesia masih berada di kisaran angka 65%.

Artinya dari 100 batang tin yang distek, keberhasilannya baru sampai 65 batang saja yang tumbuh sampai bisa dijadikan bibit. Tapi itu pengalaman beliau yang sudah ahli, sudah bidangnya. Mungkin ada pengalaman lain di luar sana yang berhasil melakukan stek sampai 100%.

Sejauh ini, menurut beliau tingkat keberhasilan yang paling bagus itu baru di Jepang dengan keberhasilan mencapai 98%. Hmmm... berarti butuh usaha lebih asyik lagi untuk bisa melakukan stek pohon tin. Semangat!

Cara Stek Pohon Tin Paling Asyik

Begitupun dengan salah satu petani tin asal California, dalam akun Fesbooknya beliau menginformasikan bahwa tingkat keberhasilan pembibitan dari stek yang dilakukannya hanya 75% saja.

kebun tin karawang

"I started a couple hundred fig cuttings in early March. I didn't have time to fuss over them so I just direct potted the cuttings in pro mix hp with added perlite. I buried most of the cuttings most of the way into 3" x 8" mini tree pots. No wrapping the tips with grafting tape, no heat mat, and no humidity bin. The cuttings were placed in full sun See below for the results in the last pic. Not 100% but I got over 70% success. Pretty good for no muss no fuss fig propagation. I'm in Southern California....your results may vary, try at your own risk " (Adam Derrickson)

jual bibit tin zaitun karawang


Cara Stek Pohon Tin
Kita langsung saja, bila Anda berani menanggung risiko dan mau belajar ulet, alangkah lebih baiknya mencoba sendiri melakukan stek pohon tin. Kenapa? Cara pembibitan model stek ini sangat menguntungkan meskipun relatif lebih lama ketimbang cangkok. 

Penyetakan tidak akan menganggu indukan, tanaman akan tetap produktif berbuah dan hasil anakan yang didapatkan juga akan identik dengan indukanya. 

petani tin karawang

Dalam gambar di atas, media tanam yang digunakan berupa metan steril yang bebas patogen. Sebelum menancapkan cutting ke dalam metan, jangan lupa dipoles dulu pakai perangsang akar dan fungisida.

Perangsang akar diberikan ya tentu untuk mempercepat proses terbentuknya akar pada batang tin. Sementara fungisida diberikan untuk mencegah pertumbuhan jamur pada cutting, bila jamur tumbuh biasanya batang akan busuk dan stek akan mati.

Anda bisa melakukan stek dengan tinggi cutting bervariasi ada yang melakukan cukup dengan dua mata tunas. 

Nah, demikian cara melakukan stek pohon tin ini kami bagikan, semoga menginspirasi. Selamat berkebun :)

Sumber gambar: https://www.facebook.com/adam.derrickson

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.