IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Klasifikasi Pohon Tin (Disari dari Fig Production Guide & Jurnal Hilgardia) - Petani Tin Karawang

Header Ads

Klasifikasi Pohon Tin (Disari dari Fig Production Guide & Jurnal Hilgardia)

Petani Tin & Zaitun (Karawang) - Tahukah Anda, ada berapa ratus jenis pohon tin di dunia ini? Berdasarkan tulisan David G. Himelrick seorang profesor dan ahli horikultura di Universitas  Auburn, setidaknya ada 720-an jenis pohon tin yang sudah teridentifikasi.

Sementara dalam jurnal Hilgardia, menurut Dr. Eisen (1901) jumlahnya hanya sekitar 377. Untuk Anda yang ingin mengetahui varietas tin yang sangat lengkap, terutama dari kelompok Caprifig, Anda bisa membaca jurnal Hilgardia (250-an halaman bahasa Inggris) tentang Monografi Pohon Tin.

Klasifikiasi Pohon Tin


Secara garis besar pohon tin diklasifikasikan menjadi dua tipe, yaitu Caprifigs dan Edible Figs. Untuk jenis Caprifig, mereka memiliki bunga jantan dan betina dalam satu buah. Sementara Edible Figs hanya memiliki bungan betina saja. 

"There are two basic types of figs: caprifigs and edible figs. Caprifigs bear both male and female flowers but are generally unpalatable since they are rather dry and pithy and have chaffy stamen structures. Edible figs bear only female flowers. There are many varieties of edible figs" (David G. Himelrick)

Pohon tin jenis Edible figs merupakan pohon tin penghasil buah yang banyak dibudidayakan termasuk di Indonesia. Kelas Edible Figs ini dibagi lagi menjadi tiga klasifikasi, yaitu:
  • Caducous (Smyrna Figs)
  • Persistent (common Figs)
  • Intermediate group (San Pedro Figs) 

Apa bedanya ketiga kelas di atas? Perbedaannya terletak pada proses penyerbukan, secara umum kurag lebih begitu :D

Caducous (Smyrna Figs)
Tin dalam kelompok ini butuh penyerbukan khusus dalam proses pembuahannya. Penyerbukan dilakukan oleh lebah khusus juga. Contoh tin dalam kelompok ini yaitu Calimyrna.

Persistent (Common Figs)
Pohon tin dalam kelompok ini proses pembuahannya tidak butuh penyerbukan (polinasi), dengan sendirinya kelompok ini akan bisa berbuah. Termasuk pohon tin yang banyak dibudidayakan sebagai penghasil buah tin yang baik. Contoh tin dalam kelompok ini yaitu Green Yordan, Brown Tureky, dan Purple Yordan.

San Pedro FIgs
Kelompok tin ini sebenarnya tidak butuh penyerbukan namun di beberapa daerah kelompok ini butuh penyerbukan. Contohnya Lampeira.


Nah, sekian sharing ringkas mengenai Klasifikasi Pohon Tin ini, semoga bermanfaat ya. Dan satu lagi kabar baiknya, kini buku klasik tentang pohon tin yang berjudul "Las Higueras En Las Islas Baleares" Kini sudah bisa dibeli dalam versi bahasa Inggris, judulnya "Fig Trees of the Balearic Islands." Selamat berkebun :) Kebun Tin & Zaitun Karawang, sehat dan sunnah.

Referensi:
Jurnal Hilgardia, "Figs Monograph" - Vol. 23, February 1995.
Alabama A&M & Auburn Universites, "Fig Production Guide" - David G. Himelrick

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.