IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Aneka Varian Pohon Tin Berbuah Besar dan Anti-Pecah - Petani Tin Karawang

Header Ads

Aneka Varian Pohon Tin Berbuah Besar dan Anti-Pecah

Petani Tin (Karawang) - Varian pohon tin yang sangat banyak sebenarnya merupakan keuntungan tersendiri, Anda bisa memilih aneka varian yang paling sesuai dengan kebutuhan. Misalnya ada pohon tin yang rasanya sangat manis seperti Excel, cocok buat Anda yang membutuhkan pohon tin penghasil buah manis.

Atau contohnya lagi Anda yang membutuhkan pohon tin berbuah panjang, Anda bisa memilih varian pohon tin jenis Long de Out (LDA), dalmatie dan sebagainya. Banyaknya varian pohon tin bisa dibilang memberikan keuntungan tersendiri.

Sekarang, bagi Anda yang ingin berkebun atau sekadar menanam pohon tin yang memiliki ukuran buah cukup besar dan tidak mudah pecah buahnya, ada beberapa varian pohon tin berbuah besar yang bisa dipertimbangkan untuk ditanam di kebun/rumah Anda.

Varian Pohon Tin Berbuah Besar dan Tidak Pecah


Berdasarkan obrolan santai di dinding Facebook bersama beberapa petani tin di berbagai daerah ternyata ada banyak sekali varian pohon tin yang menghasilkan buah berukuran besar dan buahnya cukup tahan untuk dipanen sampai matang tanpa pecah.

O iya, ukuran buah tin pada umumnya terbilang relatif kecil-sedang, kecuali untuk beberapa varian pohon tin memang ada yang berukuran cukup besar. Kenapa sih butuh yang besar? Kalau target Anda ke depannya jual buah tin, tentu ukuran menjadi prioritas, pembeli sudah bisa dipastikan lebih suka buah tin ukuran besar. Selain itu bobot akan bertambah seiring ukuran buah juga.

Lalu mengenai daya tahan buah apakah pecah atau tidak, hal ini juga menjadi pertimbangan ketika Anda bermaksud menjual buah. Pada umumnya buah tin pecah mengalami crack ketika dibiarkan di pohon (pecah sebelum matang sempurna). Nah, buah yang pecah ini untuk dipasarkan mungkin kurang bagus karena dianggapnya sebagai produk "BS" selain itu buah yang pecah juga daya tahannya kurang baik.

Buah tin bisa dibilang termasuk buah yang tidak tahan lama, jadi untuk bisa memproduksi buah yang tahan agak lama, haruslah diprioritaskan buah yang tidak pecah. Nah, sekarang kita simak yuk keterangan petani tin mengenai varietas pohon tin yang memiliki keunggulan buah berukuran besar dan tidak pecah.

Varian Tin Berbuah Besar Pilihan Om Edy 
Om Edy ini termasuk petani tin yang secara pribadi saya nobatkan sebagai petani yang mampu mengemas produk bibit tinnya dengan sangat baik. Saya menyebut hasil kemasannya sebagai best packaging of the year :D hahaha.

petani tin karawang
Buah Tin Black Genoa

Menurut beliau, yang sudah cukup lama bertani tin di wilayah Probolinggo ada tiga varietas pohon tin yang menghasilkan buah berukuran besar dan anti-pecah yaitu Black Genoa, Barnisotte, Calderona.

Black Genoa termasuk varian tin dengan warna buah gelap, untuk mengetahui varian tin berbuah gelap dan sinonimnya silakan baca artikel Sinonim dan Varian Buah Tin Berwarna Gelap.

Varian Tin Berbuah Besar Pilihan Om Koko
Petani tin yang satu ini terbilang masih sangat muda dan bisa dibilang juga sebagai the rising star di dunia pertanian tin. Di usianya yang masih muda, beliau sudah bisa dikatakan sukses sebagai petani tin di wilayah Mojokerto.

Jual bibit tin karawang
Buah Tin LSU Gold

Varian yang dikebunkannya terbilang banyak dan produk-produk tin hasil tangan beliau sudah mengantongi izin legal dari Dinas Kesehatan berupa PIRT dan dari MUI berupa sertifikat Halal. Sehingga produknya bisa menjangkau pasar lebih luas.

Menurut beliau, ada dua varietas tin yang memiliki ukuran buah besar dan anti-pecah yaitu LSU Gold dan Conadria. O iya, LSU Gold dikenal juga sebagai Champagne, supaya nggak keder silakan baca juga artikel Sinonim dan Varian Buah Tin Berwarna Hijau/Kuning.

Varian Tin Buah Besar Pilihan Om Djunaedi
Bagi saya Om Djunaedi ini sangat baik, beliau tidak pelit ilmu, segala masalah per-tin-an yang dikonsultasikan ke beliau akan segera mendapatkan jawaban yang memuaskan. Beliau sangat suka berbagi dan memberikan inspirasi mengani pertanian tin. Menurut beliau ada banyak sekali varian tin berukuran besar dan anti-pecah yang bisa dipilih, yaitu sebagai berikut.

Mediterranean Fig termasuk buah tin pilihan Om Djunaedi karena varietas tin yang satu ini memiliki karakter kulit tebal sehingga gampang busuk, ukuran buah besar, dan kemungkinan buah rontok sangat kecil.

kebun tin karawang
Mediteranian Fig

Varian tin berukuran besar lainnya yang disarankan beliau adalah Yellow KSA. Menurutunya varian ini meskipun ada kemungkinan mengalami rontok di awal namun di kemudian hari akan mampu menghasilkan buah berukuran besar yang cukup stabil. Hasil buahnya pun bisa dibilang oke.

Varian tin berukuran besar lainnya yang disarankan beliau yaitu Green Arabian dan Red Arabian. Sementara menurut beliau khusus untuk daerah Karawang pohon tin yang menghasilkan buah besar itu adalah varian Barnisot dan TGF Jumbo.

Sayangnya hanya tiga petani tin saja yang berkenan berbagi pengalamannya berkebun tin, masih banyak para petani tin lain di luar sana yang belum memberikan/berbagi pengalamannya. Untuk ketiganya saya ucapkan terima kasih yang sebesarnya. Semoga informasi ini bisa menjadi inspirasi bahkan pertimbangan bagi siapa saja yang sedang mencari varian pohon tin berbuah besar.

Nah, itu dia beberapa varian pohon tin berbuah besar yang bisa Anda pilih untuk ditanam di rumah/kebun Anda. Belum punya pohon tin? Main aja ke Kebun Tin & Zaitun Karawang. Yuk...

Sumber Gambar
Black genoa - https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/91/49/ae/9149ae58203a87fec7d2e753511a30f3.jpg
LSU Gold - http://www.justfruitsandexotics.com/JFE/wp-content/uploads/2014/06/fig-lsu-gold.jpg
Mediterranean Fig - https://www.elementsbathandbody.com/images/T/MediterraneanFig.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.