IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Jenis Pohon Tin Paling Mudah Ditanam di Pekarangan/Pot - Petani Tin Karawang

Header Ads

Jenis Pohon Tin Paling Mudah Ditanam di Pekarangan/Pot

Petani Tin & Zaitun (Karawang) - Bagi Anda yang baru mau menanam pohon tin di rumah, baik di tanah maupun di dalam pot. Berikut ini ada pertimbangan beberapa jenis pohon tin yang bisa tumbuh baik. Alasannya beberapa varietas ini dipilih terutama karena sifatnya yang adaptif dan genjah.

Sebagai penghias rumah, apalagi sebagai media muhasabah, kiranya sudah cukup memiliki beberapa pohon tin dengan varian yang memiliki harga terjangkau saja. Karena jenis tin apa pun secara umum khasiatnya sama, rasanya juga tidak banyak perbedaan kecuali pada rupa dan bentuk. Meskipun benar ada beberapa varian yang rasanya sangat manis.

Memilih Varietas Tin untuk Pemula


Berikut ini beberapa jenis/varietas tin yang sudah terbukti genjah dan adaptif. Artinya Anda bisa dengan aman menanam jenis-jenis pohon tin ini.

Green Yordan
Merupakan tin varietas lawas, disebut lawas karena merupakan tin yang paling depan masuk ke Indonesia. Berdasarkan pemaparan Bapak Fauzi (Jakarta) varietas Green Yordan ini masuk ke Indonesia pada masa Prabowo dekat dengan Pangeran Yordan.

Ketika itu pohon tin dijadikan hadiah untuk pesantren, kalau tidak salah nama pesantrennya Al-Zaitun atau Zaitun (saya lupa nama pastinya) dari sanalah tin mulai masuk ke Indonesia.

Dalam watku 2-3 bulan pohon tin jenis Green Yordan sudah bisa mencapai tinggi sampai 2 meter. Dan biasanya sudah mulai berbuah pada waktu 6 bulan setelah tanam. Dalam beberapa kasus bahkan lebih cepat lagi.

Ukuran buah tin Green Yordan termasuk medium dengan warna hijau dan kuning ketika memasuki masa matang. Rasanya, tentu manis menggoda. Harga untuk bibit pohon tin ini terbilang yang paling terjangkau dari bibit pohon tin jenis lain. Untuk harga fresh cangkoknya saja antara 20-30 ribu/potong (per bibit) Terjangkau banget kan?

Brown Turkey
Varietas berikutnya ialah Brown Turkey, buah tin jenis ini (juga Green Yordan) cocok dengan iklim Indonesia baik dataran rendah maupun tinggi.

kebun tin zaitun karawang

Warna buahnya yang merah kecokelatan menjadikan warna buah tin jenis brown turkey cukup sedap dipandang. Ukuran buahnya termasuk sedang dan lebih tahan, tidak mudah pecah karena kulit buahnya cukup tebal. Harga umum untuk fresh cangkok bibit tin ini berada di kisaran 30-40 ribu/potong (per bibit)

Excel
Varian tin jenis ecxcel termasuk salah satu jenis tin cukup mudah diidentifikasi. Dengan melihat daunnya saja, Anda bisa mengidentifikasinya. Ukuran buah tin excel sedang-sedang saja, hanya saja rasa manisnya juara banget.

Kisaran harga untuk fresh cangkok bibit tin excel berada di angka 30-50 ribu/potong (per bibit) setara dengan rasa manis legit yang akan Anda dapatkan dari buah tinnya. Ciyus!

Blue Giant
Ingin menanam pohon tin dengan ukuran buah yang besar? Yap, Blue Giant merupakan pilihan yang jitu. Eits, jangan kejebak betmen ya, meskipun namanya blue, warna buahnya merah kecokelatan kok, bahkan menurut saya agak ungu,  nggak ada biru-birunya :D

Ukuran buah tin blue giant terbilang besar, adaptif, dan pasti genjahnya. Kisaran harga fresh cangkok untuk bibit tin Blue Giant yaitu sekitar 35-65 ribu/potong (per bibit). Harga yang sangat sepadan dengan ukuran buah tinnya yang big size.

Red Palestine
Ada yang menarik dari varian yang satu ini, ya varian red palestine yang juga disebut-sebut Red ISrael atau khurtmani.

Pohon tin jenis red palestine dipercaya merupakan tin yang dimaksud dalam Al-Qur'an surat At-Tiin. Hal ini sesuai dengan teks berikutnya pada ayat dua, yaitu bukit Sinai. Di mana bukit tersebut terletak di kisaran Palestine.

petani tin zaitun karawang

Jadi wajar kiranya bila ada anggapan bahwa pohon tin Red Palestine merupakan pohon yang dimaksud dalam surat At-Tiin, sekaligus dinobatkan sebagai pohon tin paling sakral dan berkhasiat. Wow! Kiranya jenis yang satu ini harus ditanam di rumah. Terlebih rona merahnya, membara, menggetarkan jiwa.

Nah, itulah beberapa varian pohon tin yang menurut kami cukup baik dan mudah untuk ditanam di rumah, baik di tanah maupun di dalam pot. Selamat berkebun. Kebun Tin & Zaitun Karawanng - Sehat dan Sunnah.

Sumber gambar
Brown Turkey: w-Spodnicy
Red Palestine: Ali Express

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.