IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Nutrisi AB Mix Pohon Tin - Petani Tin Karawang

Header Ads

Nutrisi AB Mix Pohon Tin

Petani Tin (Karawang) - Nutrisi AB Mix sangat populer di kalangan petani hidroponik. Kandungan nutrisi AB Mix bersifat lengkap, artinya telah mengandung unsur hara makro dan unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman.

Selain itu nutrisi AB Mix bisa dibilang presisi, maksudnya adalah tepat guna dan tepat sasaran. Untuk sayuran tanaman tertentu ada nutrisi AB Mixnya sendiri. Namun ada juga yang cukup memakai AB Mix general.

Lalu, bagaimana dengan nutrisi AB Mix pohon tin? Sebenarnya sudah ada juga produk ini. Namanya AB Mix tentu sudah lengkap dengan unsur hara makro dan mikro di dalamnya. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih AB Mix untuk pohin tin.

Nutrisi AB Mix Pohon Tin

Pertamatama, sebagai catatan, AB Mix yang menurut kami bagus yaitu yang telah memakai produk BASF yang berbasis chelate. Di mana chelate terbukti lebih unggul ketimbang berbasis pjospat. Keunggulannya lainnya yaitu pada kelengkapan hara mikro yang sangat lengkap dan kelarutannya yang 100%  larut dalam air sehingga tidak menyumbat nozle dan alat fertigasi lainnya.

Pemakaian produk di atas biasanya berupa unsur mikro BMX (pada kelompok B) dan Fe edha (fe-hi)/edtha (fe-lo) pada kelompok A. Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah jenis unsur fe yang digunakan apakah fe-hi atau fe-lo?

Kenapa harus memperhatikan hal itu? Perlu diketahui semua unsur hara bisa diserap tanaman bila berada pada kondisi pH ideal yang dibutuhkan tanaman. Kadar pH pada media tanam akan sangat menentukan proses penyerapan nutrisi oleh tanaman itu sendiri.

Sebagai gambaran fe-hi lebih stabil pada pH yang lebih luas, yaitu 4.0-11 karena chelate nya edha. Sementara fe-lo hanya stabil pada pH 5,5-6,5. Jadi bisa dibilang fe-hi lebih stabil walaupun konten Fe-nya lebih rendah dibanding fe-lo.

Dari catatan di atas, kini Anda mungkin telah bisa melihat benang merahnya. Jadi Anda harus pastikan berada pada angka berapa pH media tanam pohon tin Anda? Jika berada di luar angka 5.5-6.5 alangkah lebih tepatnya memakai AB Mix pohon tin yang menggunakan fe-hi.

Bila pH media tanam pohom tin Anda berada di rentang 4.0- 6.5 maka nutrisi ab mix pohon tin yang tepat yaitu yang memakai fe-lo. Sebagai catatan lagi fe-lo benarbenar larut sempurna pada pH 5.5-6.5.

Mencari tahu AB Mix tertentu memakai fe-hi atau fe-lo bisa ditanyakan langsung ke penjual atau dengan membacanya di kemasan.
.
Fe Edta (biasanya untuk fe-lo 13%) dan Fe Eddha (fe-hi 7%) adalah senyawa kimia kompleks yang terdiri dari Sodium, Iron, Chelating Agent. Fe Edta dapat larut pada pH 4.0-6.5 Fe Eddha dapat larut pada pH 4.0-11

Nah itulah sedikit gambaran mengenai nutrisi AB Mix pohon tin. Hal ini kamu perlu sampaikan mengingat unsur Fe sangat berpengaruh pada buah. Sebagai petani tin, tentu Anda ingin menghasilkan buah tin berkualitas bukan?

Atau Anda ingin meracik nutrisi AB mix sendiri? Yuk ngobrol sama kita, silakan hubungi kami melalui layanan  kontak yang tertera. Selamat berkebun, selamat bertani. Semoga menginspirasi, terima kasih telah berbagi.

1 komentar:

  1. maaf pak, gimana caranya kita mengetahui ph pd media tanam? apakah ada alatnya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.